Nah berikut adalah beberapa contoh cv lamaran kerja, setelah sebelumnya saya pernah posting mengenai contoh surat lamaran kerja, dan sekarang giliran saya posting contoh cv atau contoh curriculum vitae. Sengaja saya posting contoh cv atau contoh curriculum vitae ini dikarenakan kemarin2 banyak yang minta dibuatkan contoh cv lamaran kerja atau contoh curriculum vitae. Nah oleh karena itu jadi langsung saja buatkan contoh cv atau contoh curriculum vitae ini, jadi curhat nih saya hehehee... Tapi ingat ini hanya sekedar contoh saja, Sekali lagi ini hanya sekedar contoh saja. Ok langsung saja simak berikut contoh cv nya dibawah ini.
=======================================
Contoh CV untuk Publishing
Ketut Suarsa
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 8 Januari 1975
Jenis kelamin : Laki-laki
Status : Menikah
Agama
: Hindu
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat
: Jl. Kebon Jeruk IX No.15
: Jakarta Barat 17355
Telepon : (021) 5846789, 08170954554
e-mail : tucank@yahoo.com
Ringkasan:
Manajer Sirkulasi yang berpengalaman menangani sirkulasi untuk penerbitan media massa dalam bidang perdagangan, bisnis dan konsumen. Pengalaman sebagai manajer sirkulasi mencakup semua bidang yang berhubungan, seperti strategi promosi, penjualan melalui agen dan kios, serta penjualan langsung di wilayah Jabotabek.
Pengalaman Kerja:
PT. Tutur Tinular Press, Jakarta (9/97- saat ini)
Senior Manajer Sirkulasi. Sekaligus menjabat sebagai anggota Badan Manajemen Perencanaan. Bertanggung jawab atas usulan, pengembangan dan penerapan semua program yang berhubungan dengan sirkulasi.
PT. Majalah Kita, Jakarta (1/94-8/97)
Asisten Manajer Sirkulasi. Bertanggung jawab atas semua bidang yang berhubungan dengan sirkulasi dan anggarannya, seperti promosi, penjualan langsung, koordinasi dengan agen-agen penjualan besar di Jakarta, Tangerang dan Bekasi.
PT. Koran Kita, Jakarta (2/92-12/93)
Supervisor Sirkulasi. Bertanggung jawab untuk mengkoordinir agen-agen penjualan besar di Jabotabek.
PT. Majalah Swara, Jakarta (8/85-1/92)
Supervisor Sirkulasi. Bertanggung jawab atas sirkulasi di wilayah DKI Jakarta.
Pendidikan:
Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’, Jakarta (1990-1992)
Akademi Manajamen Perusahaan (AMP), Jakarta (1982-1985)
Kursus:
Desain Grafis di Astra Graphica Learning Center, Jakarta (1994)
Urban Photography di ‘Blitz’ Institut of Photography, Jakarta (1993
========================================================
Contoh CV untuk Banking (Perbankan)
PERSONAL SUMMARY
Data Pribadi
Nama : Surya Bhaskara, SE
Tempat & Tanggal Lahir
: Bandung, 10 September 1975
Agama : Islam
Alamat rumah
: Jl. Setiabudi No. 24 RT 02/RW 06 Ciputat Tangerang 15155
Nomor telepon
: 021- 5909090 (rumah)
08130967704 (mobilephone)
21- 5247585 ext. 2049 (kantor)
e-mail : sbhaskara@gmail.comThis e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it
Riwayat Pendidikan
* 2001 - 2004 : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, jurusan Akuntansi, lulus dengan IPK 3,11.
* 1994 - 1997 : Akademi Akuntansi YAI Jakart, lulus dengan IPK 3,21.
* 1991 - 1994 : SMA BOEDI OETOMO Jakarta.
Training dan Kursus Lainnya
* System dan Kebijakan Budget 2005, HR Training PT. Bank Harapan Tbk., Jakarta October 2004.
* SAP version 4.7, HR Training PT. Bank Harapan Tbk., Jakarta, August 2004.
* Cognos PowerPlay Transformer release 7, Information & Technology (IT) PT. Bank Harapan Tbk., Jakarta, May 2004.
* System dan Kebijakan Budget 2004, HR Training PT. Bank Harapan Tbk., Jakarta, October 2003.
* Accounting Workshop, Financial Control Group PT. Bank Harapan Tbk., Jakarta, October 2003.
* Accounting Workshop, Financial Control Dept PT. Bank Harapan Tbk., Jakarta, February 2002.
* Telephone Collection Techniques Training, Collection Unit BMS-IB PT. Bank Harapan Tbk., Jakarta, October 1999.
* Workshop, Credit Card Bad Debt Collection, Legal Aspect & Strategy, Collection Unit BMS-IB PT. Bank Harapan Tbk., Jakarta, March 1999.
* On Line Collection (OLC) - CardPac System, Collection Unit BMS-IB PT. Bank Harapan Tbk., Jakarta, October 1998.
* Credit Card Operation Program (CCOP), PT. Bank Harapan Tbk., Jakarta, February - March 1997.
Keahlian Komputer
* MS Office (MS Word, MS Excel, MS Access, MS PowerPoint).
* Lotus SmartSuite (Lotus123, Lotus WordPro, Freelance Graphic).
* Cognos PowerPlay.
* SAP (System, Application and Product).
* Adobe Photoshop.
* Internet
Pengalaman Bekerja
* Performance Monitoring Team Supervisor – Financial Control Group, PT. Bank Harapan Tbk. Jakarta, Januari 2000 – sekarang.
Deskripsi pekerjaan:
Menyajikan data Laporan Akuntansi dan Keuangan yang lebih mudah dimengerti dan dianalisa oleh para user ( termasuk Bord of Director ), dan dapat diakses oleh user melalui intranet website. Data akuntansi dan keuangan diperoleh dari system akuntansi utama, dan ditransformasikan ke dalam format PowerPlay melalui serangkaian proses komputer.
Menyajikan Laporan Analisa Laporan Keuangan dan menyajikan Branch Performance Monitoring Report kepada Board Of Director.
* Analyst, Agency Coordinator & Controller Staff of Collection Unit Bank Harapan Card Center (BHCC), PT. Bank Harapan Tbk. Jakarta, Maret 1998 – September 2000.
Deskripsi pekerjaan:
Melakukan analisa terhadap piutang kartu kredit kategori macet, serta melakukan tindak lanjut untuk mengembalikan asset perusahaan tersebut, dengan mengupayakan penagihan melalui jasa pihak ketiga.
Mengkoordinir serta mengontrol kolektor lapangan, untuk menghindari adanya pelanggaran, penyimpangan dan penggelapan yang dilakukan oleh kolektor lapangan, yang dapat merugikan perusahaan baik secara moral maupun material.
* Credit Control - Cycle Due Team – Reminder (Staff) - Collection Unit Bank Harapan Card Center PT. Bank Harapan Tbk. Jakarta, Maret 1997 - Maret 1998.
Deskripsi pekerjaan:
Memberikan peringatan dini melalui telepon kepada nasabah kartu kredit untuk mencegah kecenderungan menjadi nasabah macet.
=====================================================
Na
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Data Pribadi
Nama: Setyarini Rahayu
Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 06 Nopember 1982
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Katholik
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Kebagusan III/20
: Pal Merah, Jakarta Selatan 12220
Telephon: 021-7665239 (rumah)
021-5249972 (kantor)
0812-590590 (HP)
Latarbelakang Pendidikan
Formal
1991 – 1994 : SMP 624, Jakarta
1994 – 1997 : SMEA 804 Jakarta
1997 – 2001 : Yayasan Administrasi Indonesia (YAI), Jakarta
Non Formal
1994 – 1996 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta
1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di Berlitz English, Jakarta
2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B)
Kemampuan
* Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
* Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
* Sistem Perpajakan
Pengalaman Kerja
* Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di PT. ARJUNA CARGO, Jakarta
Periode: April 1997 - June 1997
Tujuan : Persyaratan kelulusan SMEA 804 Jakarta
Posisi : Operator Administrasi
Rincian Pekerjaan:
- Mengupdate data konsumen
- Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
- Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
- Menyiapkan tagihan
* Bekerja di PT. SAMUDRA SEDAYA CARGO, Jakarta
Periode : Januari 2002 - Mei 2005
Status : Karyawan Tetap
Posisi : Staf bagian Finance
Rincian pekerjaan :
- Mengelola kas kecil
- Melakukan surat menyurat bisnis
- Mengontrol persediaan peralatan kantor
- Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
- Penggajian (payroll)
=====================================================
=====================================================
Nah Itulah Contoh Curriculum Vitae Atau Cara Membuat Cv (Curriculum Vitae) Yang Baik Dan Benar. Bagi yang sedang sedang mencari artikel contoh surat lamaran kerja anda bisa melihatnya di artikel surat lamaran kerja. Semoga bermanfaat.
Contoh Kata Pengantar Yang Baik
Nah setelah sebelumnya saya pernah posting artikel mengenai contoh surat lamaran kerja dan kumpulan contoh proposal, kali ini giliran saya posting mengenai contoh kata pengantar yang baik dan benar, karena mungkin diantara sobat2 ada yang lagi membutuhkan contoh kata pengantar. Ok langsung saja simak berikut kata-kata pengantarnya dibawah ini.
=======================================================================
KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Dalam makalah ini kami membahas “Mengamankan e-mail dari Spam”, suatu permasalahan yang selalu dialami bagi masyarakat yang menggunakan e-mail utuk mengakses suatu informasi dengan menggunakan internet, terlebih yang secara pribadi e-mailnya bergabung dengan mailing list group.
Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman masalah security yang sangat diperlukan dalam suatu harapan mendapatkan keamanan dalam memanfaatkan teknologi informasi terutama yang menggunakan internet dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah “Jaringan Keamanan informasi”
Dalam proses pendalaman materi security ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya kami sampaikan :
* Dr. Ir. Budi Rahardjo, selaku dosen mata kuliah “Keamanan Jaringan informasi”
* Rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini.
* Istri dan anakku yang ditinggalkan demi Negeriku
Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,
Bandung, 16 Oktober 2011
Penyusun’
Olegune
23202151
=======================================================================
KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Dalam makalah ini kami membahas “Mengamankan e-mail dari Spam”, suatu permasalahan yang selalu dialami bagi masyarakat yang menggunakan e-mail utuk mengakses suatu informasi dengan menggunakan internet, terlebih yang secara pribadi e-mailnya bergabung dengan mailing list group.
Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman masalah security yang sangat diperlukan dalam suatu harapan mendapatkan keamanan dalam memanfaatkan teknologi informasi terutama yang menggunakan internet dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah “Jaringan Keamanan informasi”
Dalam proses pendalaman materi security ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya kami sampaikan :
* Dr. Ir. Budi Rahardjo, selaku dosen mata kuliah “Keamanan Jaringan informasi”
* Rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini.
* Istri dan anakku yang ditinggalkan demi Negeriku
Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,
Bandung, 16 Oktober 2011
Penyusun’
Olegune
23202151
=================================================
KATA PENGANTAR SKRIPSI KARYA ILMIAH
Bismillahirrahmanirrahiim Puja dan puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT, berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Shalawat serta salam tercurahkan kepada Rasulullah SAW, keluarga dan sahabatnya. Selanjutnya, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang membantu kelancaran penulisan skripsi ini, baik berupa dorongan moril maupun materil. Karena penulis yakin tanpa bantuan dan dukungan tersebut, sulit rasanya bagi penulis untuk menyelesaikan penulisan skripsi ini. Disamping itu, izinkan penulis untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Bapak Prof. Dr. H. Dede iman, M.A, serta para pembantu dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah danKeguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
2. Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam Bapak Bahrissalim, M.Ag, dan Sekretaris Jurusan Pendidikan Agama Islam Bapak Sapiudin Shidiq, M.Ag, beserta seluruh staffnya.
3. Bapak Dr. H. Rudin. Madjid Khon, M.Ag, yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4. Bapak dan Ibu dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang telah memberikan ilmunya kepada penulis, semoga Bapak dan Ibu dosen selalu dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. Sehingga ilmu yang telah diajarkan dapat bermanfaat dikemudian hari.
5. Ungkapan terima kasih dan penghargaan yang sangat spesial penulis haturkan dengan rendah hati dan rasa hormat kepada kedua orang tua penulis yang tercinta, Ayahanda H. Iman Zenit dan Ibunda Hj. Widia Julianti Irawan serta kakak dan adik penulis yang dengan segala pengorbanannya tak akan pernah penulis lupakan atas jasa-jasa mereka. Doa restu, nasihat dan petunjuk dari mereka kiranya merupakan dorongan moril yang paling efektif bagi kelanjutan studi penulis hingga saat ini.
6. Keluarga Besar KH. A. Ginajar Taufik, terkhusus Bapak KH. Engkas Kasmadin (Gus Sholah) yang telah memberikan bantuan kepada penulis untuk mendapatkan informasi mengenai biografi dan pemikiran dari KH. A. Wahid Hasyim yang mendukung penyelesaian skripsi ini.
7. Bapak pimpinan beserta para staff Perpustakaan Utama, Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, atas segala kemudahan yang diberikan kepada penulis untuk mendapatkan referensi yang mendukung penyelesaian skripsi ini.
8. Kawan-kawanku Mahasiswa UIN khususnya kawan-kawan seperjuangan Jurusan Pendidikan Agama Islam 2011 Kelas C dan peminatan Sejarah, Zaki, Ephee, Feny, Sary, Yunie, Irma, Ida Afandi, beserta kawan-kawan jejaring sosial (Facebook, Twitter, Yahoo), yang selalu memberikan support kepada penulis.
9. Seseorang terdekat dan terkasih, suami dari penulis: Muhammad Arif, yang selalu mendukung penyelesaian skripsi ini. Akhirnya penulis berharap semoga amal baik dari semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini mendapatkan balasan pahala dari rahmat Allah SWT. Semoga apa yang telah ditulis dalam skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Amin ya Rabbal alamin.
3. Bapak Dr. H. Rudin. Madjid Khon, M.Ag, yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4. Bapak dan Ibu dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang telah memberikan ilmunya kepada penulis, semoga Bapak dan Ibu dosen selalu dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. Sehingga ilmu yang telah diajarkan dapat bermanfaat dikemudian hari.
5. Ungkapan terima kasih dan penghargaan yang sangat spesial penulis haturkan dengan rendah hati dan rasa hormat kepada kedua orang tua penulis yang tercinta, Ayahanda H. Iman Zenit dan Ibunda Hj. Widia Julianti Irawan serta kakak dan adik penulis yang dengan segala pengorbanannya tak akan pernah penulis lupakan atas jasa-jasa mereka. Doa restu, nasihat dan petunjuk dari mereka kiranya merupakan dorongan moril yang paling efektif bagi kelanjutan studi penulis hingga saat ini.
6. Keluarga Besar KH. A. Ginajar Taufik, terkhusus Bapak KH. Engkas Kasmadin (Gus Sholah) yang telah memberikan bantuan kepada penulis untuk mendapatkan informasi mengenai biografi dan pemikiran dari KH. A. Wahid Hasyim yang mendukung penyelesaian skripsi ini.
7. Bapak pimpinan beserta para staff Perpustakaan Utama, Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, atas segala kemudahan yang diberikan kepada penulis untuk mendapatkan referensi yang mendukung penyelesaian skripsi ini.
8. Kawan-kawanku Mahasiswa UIN khususnya kawan-kawan seperjuangan Jurusan Pendidikan Agama Islam 2011 Kelas C dan peminatan Sejarah, Zaki, Ephee, Feny, Sary, Yunie, Irma, Ida Afandi, beserta kawan-kawan jejaring sosial (Facebook, Twitter, Yahoo), yang selalu memberikan support kepada penulis.
9. Seseorang terdekat dan terkasih, suami dari penulis: Muhammad Arif, yang selalu mendukung penyelesaian skripsi ini. Akhirnya penulis berharap semoga amal baik dari semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini mendapatkan balasan pahala dari rahmat Allah SWT. Semoga apa yang telah ditulis dalam skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Amin ya Rabbal alamin.
Parigi, 20 September 2011
Irma Marissa
==================================================
KATA PENGANTAR SEBUAH MAKALAH
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah agama islam ini dengan judul “ Peran Dan Fungsi Agama “. Makalah ini di susun dalam rangka memenuhi tugas kelompok mata kuliah agama islam Program Studi Keperawatan Persahabatan Poltekes Depkes Jakarta III.
Dalam menyusun makalah ilmiah ini, penulis banyak memperoleh bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1. Ibu Hj. Rany Marcelina, S.Kp. M.Kes selaku Direktur Poltekes Depkes Jakarta III.
2. Ibu Esti Yuliani, S.Kep, M.Sc selaku ketua jurusan Keperawatan Poltekes
Depkes Jakarta III.
3. Ibu Hj. Reny Istiany, SKM, M.Kes selaku ketua Program Studi Keperawatan
Persahabatan.
4. Bapak Taufik R,S.Ag selaku penanggung jawab dan pembimbing mata kuliah
agama.
5. Seluruh Staf Dosen dan Karyawan Prodi Keperawatan Persahabatan
Poltekes Depkes Jakarta III.
6. Orang tua tercinta yang selalu mendukung, mendoakan dan memberikan
bantuan baik moril maupun materil.
7. Seluruh teman – teman yang telah banyak membantu penulis.
Penulis menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnanya makalah ini. Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.
Jakarta, 19 September 2011
Nely Afrianty
==================================================
Nah Itulah Contoh-contoh Kata Kata Pengantar - Kumpulan contoh kata pengantar karya tulis, kata-kata pengantar tugas, kata pengantar sebuah makalah dan contoh kata pengantar karya ilmiah. Semoga contoh-contoh kata pengantar diatas bisa bermanfaat dan bisa dijadikan acuan untuk membuat kata pengantar.
Alat Peraga | Matematika | Pendidikan | Sekolah
ALAT PERAGA UNTUK MEMBACA JAM
Fungsi / Kegunaan :
· Membantu menanamkan konsep/pengertian tentang cara membaca jam yang bulat
atau jam dengan jarum panjang tepat di angka 12. (Kelas 1 dan 2)
· Membantu menanamkan konsep/pengertian tentang cara membaca jam-jam
tengahan dan jam perempatan. (Kelas 3)
Petunjuk Kerja :
Gantungkan alat peraga tersebut pada papan tulis atau pada dinding di depan kelas.
A. Guru menjelaskan dengan (peragaan cara) membaca jam yang bulat.
Mula-mula guru menetapkan jarum panjang ke arah angka 12, kemudian jarum pendek
digerakkan ke kanan ke arah angka 1 (pukul satu), angka 2 (pukul dua) dan seterusnya.
Berikutnya guru menjelaskan cara membaca/menyebutkan jam dan cara menuliskannya.
==============================================
TIMBANGAN MATEMATIKA/TIMBANGAN BILANGAN
Fungsi/Kegunaan : Memperagakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian pada bilangan asli
Petunjuk kerja :
a. Memperagakan Operasi penjumlahan: 3 + 4 = …..
- Gantungkan sebuah anak timbangan diangka 3 pada lengan sebelah kiri
- Gantungkan lagi sebuah anak timbangan diangka 4 pada lengan sebelah kiri
- Untuk menunjukkan hasil penjumlahan 3 + 4, dapat dicoba menggantungkan sebuah anak timbangan pada lengan sebelah kanan sampai kedua lengan timbangan setimbang. Ternyata setelah anak timbangan digantungkan diangka 8 pada lengan sebelah kanan, maka timbangan akan setimbang. Sehingga
kesimpulannya 3 + 4 = 7
b. Memperagakan operasi pengurangan : 8 – 5 =……
- Untuk menunjukkan hasil pengurangan: 8 – 5, dapat dicoba Gantungkan sebuah anak timbangan di angka 8 pada lengan sebelah kanan
- Gantungkan sebuah anaka timbangan di angka 5 pada lengan sebelah kiri
- menggantungkan sebuah anak timbangan pada lengan sebelah kiri samapai kedua lengan timbangan setimbang. Ternyata setelah anak timbangan digantungkan di
angka 3 pada lengan sebelah kiri, maka timbangan akan setimbang.
Kesimpulannya : 8 – 5 = 3
c. Memperagakan Operasi perkalian : 2 x 3 =……..
- Gantungkan 3 buah anak timbangan di angka 2 pada lengan sebelah kiri
- Untuk menunjukkan hasil perkalian 2 x 3, dapat dicoba menggantungkan sebuah anak timbangan pada lengan sebelah kanan sampai kedua lengan timbangan
setimbang. Ternyata setelah anaka timbangan digantungkan diangka 6 pada lengan sebelah kanan, maka timbangan akan setimbang. Kesimpulannya : 2 x 3 = 6
d. Memperagakan operasi pembagian 8 : 2 = ….
- Gantungkan sebuah anak timbangan di angka 8 pada lengan sebelah kanan
- Untuk menunjukkan hasil pembagian 8 : 2, dapat dicoba menggantungkan 2 buah anak timbangan sekaligus pada lengan sebelah kiri sampai kedua lengan timbangan setimbang. Ternyata setelah kedua anak timbangan digantungkan diangka 4 pada lengan sebelah kiri, maka timbangan akan setimbang.
Kesimpulannya : 8 : 2 = 4
==============================================
KURVAMETER
Tujuan: Sebagai alat bantu mengukur panjang secara langsung
Petunjuk Penggunaan:
a. Peganglah pegangan dari roda dan letakkan ujung anak panah (misal: menunjuk angka nol) di ujung objek yang akan kita ukur panjangnya (jarak dua buah tempat)
b. Jalankan roda sepanjang objek yang akan kita ukur. Apabila terdengar “ting” (bunyi suara bel
atau alat lain) maka pertanda itu menunjukkan bahwa roda telah berjalan satu putaran penuh.
c. Dala m satu putaran penuh jalannya roda dapat digambarkan sebagai berikut :
Karena keliling lingkaran panjangnya 1 m ,maka satu putaran penuh menunjukkan jarak 1 m.
d. Apabila terdengar 3 kali, tanda itu menunjukkan panjang objek yang diukur adalah 3 m.
Tetapi apabila pada putaran terakhir tanda suara belum berbunyi dan panjang objek yang kita kehendaki telah terlampaui maka periksalah satuan ukuran panjang pada kurvameter akan tampak tambahan panjang ( dalam cm ) dari sekian putaran yang didapat.
==============================================
MENARA HANOI
Fungsi / Kegunaan : Untuk menemukan barisan bilangan melalui pola bilangan dengan
cara bermain teka-teki
Petunjuk Kerja :
Tujuan : Memindahkan susunan cakram satu per satu dari suatu tiang A ke tiang lain ( B atau C ) sehingga susunan cakram sama dengan keadaan semula.
Aturan : Setiap kali memindahkan satu cakram hanya dapat diletakkan di atas cakram
yang lebih besar. (tidak boleh cakram besar di atas cakram kecil). Untuk ini 2 tiang yang ado dapat digunakan secara bergantian.
==============================================
PAPAN BERPAKU
Fungsi/kegunaan : Sebagai alat bantu pengajaran matematika di Sekolah Dasar untuk
menanamkan konsep/pengertian geometri, seperti pengenalan bangundatar, pengenalan keliling bangun datar, dan menentukan/menghitung luas bangun datar.
petunjuk kerja :
a. Letakkan papan berpaku di depan kelas , bisa digantung atau disandarkan benda lain. Papan berpaku dilengkapi sejumlah karet gelang dengan 4 warna yang berbeda serta dilengkapi pula dengan kertas bertitik atau kertas berpetak.
b. Guru mendemonstrasikan secara klasikal di depan kelas cara mebentuk bangun datar.
c. Kemudian masing-masing siswa membentuk bangun datar sesuai dengan kreativitas masingmasing.
d. Siswa diminta menggambar hasil yang diperolehnya pada kertas bertitik atau kertas
berpetak.
e. Melalui tanya jawab guru mengenalkan arti keliling
f. Siswa menentukan keliling setiap bangun datar yang dia peroleh sebelumnya.
g. Melalui tanya jawab guru mengenalkan arti luas bangun datar.
h. Siswa diminta untuk memperkirakan luas bangun datar yang telah dibuatnya
Baru kemudian guru memperkenalkan nama-nama bangun datar yang telah dibuat oleh siswa (jangan memaksakan semua diberi nama, kecuali bangun-bangun dasar yang sudah biasa,
segiempat, persegi, persegipanjang, jajargenjang, trapesium, trapesium samasisi, trapesium
samakaki, belah ketupat, layang-layang, segitiga siku-siku, segitiga samakaki, segitiga samasisi, segitiga tumpul, segitiga lancip, segitiga sembarang, segilima, segienam, dsb.)
==============================================
PERAGA PYTHAGORAS 3 - 4 - 5
Tujuan: Untuk menunjukkan kebenaran Teorema Pythagoras, khusus tripel 3-4-5
Petunjuk Penggunaan:
· Pasangkan bujur sangkar satuan kuning ke papan Pythagoras hingga menutup bujur sangkar I
. Hal ini juga berarti bahwa luas bujur sangkar I adalah 32 .
· Pasangkan bujur sangkar satuan hijau ke papan Pythagoras hingga menutup bujur sangkar II . Hal ini juga berarti bahwa luas bujur sangkar I adalah 42 .
· Pindahkan semua bujur sangkar satuan kuning dan hijau hingga menutup bujur sangkar III.
Hal ini juga berarti bahwa luas bujur sangkar I adalah 52 .
· Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa luas bujur sangkar III sama dengan luas bujur
sangkar I ditambah luas bujur sangkar II, atau 32 + 42 = 52 .
==============================================
PERMAINAN PYTHAGORAS 3 – 4 – 5 SIKU
Tujuan: Untuk menunjukkan kebenaran teorema Pythagoras (khususnya tripel 3-4-5, dan melatih
keterampilan problem solving: keterampilan geometris
Cara Penggunaan :
1. Pasangkan (translasikan) persegi sisi tegak segitiga yang berwarna kuning ke persegi I di papan Pythagoras
2. Pasangkan (translasikan) persegi sisi tegak segitiga yang berwarna merah ke persegi II di papan Pythagoras
3. Pindahkan semua persegi kuning dan merah hingga menutup persegi III
4. Dapat disimpulkan bahwa luas persegi III = luas persegi I + luas persegi II
Nah Itulah Informasi Mengenai Alat Peraga - Pengertian alat peraga dan macam-macam alat peraga serta fungsi atau kegunaan alat peraga. Nah buat yang lagi nyari artikel tentang alat peraga, Semoga bisa bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar